5 Tahapan Tes Tulis Posisi Content Writer ~ Bersyukur dan Berbahagia

About Me

About Me


Penikmat sastra dan staff pengajar fisika
di salah lembaga bimbingan belajar di Padang.
Bergiat di Forum Lingkar Pena Sumatera Barat.
Hobby melakukan apapun asal menyenangkan.

FLP

FLP
Logo FLP

Wednesday, October 5, 2016

5 Tahapan Tes Tulis Posisi Content Writer



Satu hari setelah memasukkan lamaran pekerjaan sebagai Content Writer, saya dapat panggilan untuk tes besoknya. Katanya tes tertulis, dan diharuskan bawa laptop.

Saya sedikit terkejut dapat panggilan itu, karena memang saya tidak memenuhi salah satu syarat yang diberikan, Yaitu : telah mempublikasikan minimal tiga artikel di koran. Tapi hal itu saya uraikan secara jujur di surat lamaran kerja saya. (So, buat teman2 yang mungkin ada salah satu syarat yang tidak bisa dipenuhi, coba aja masukkan dulu. Mana tau iseng-iseng berhadiah J. Udah nonton khan drama korea Dream High? Itu tentang syarat2 yang tidak bisa mereka penuhi saat ikut audisi. Ternyata syaratnya g’ kaku2 kali)

Sebelum menguraikan tentang bentuk tes tulis dalam mengikuti Content Writer, ada baiknya kita mengetahui dulu apa sih Content Writer itu sebenarnya? Content Writer, mungkin sebagian anda tidak asing lagi mendengar istilah itu. seorang Content Writer adalah orang yang menulis konten-konten yang relevan untuk ditampilkan di website suatu perusahaan. Tujuannya :  memberikan informasi kepada pembaca yang membuat pembaca merasa terlibat sehingga pembaca akan terbawa dengan alur dari tulisan tersebut.


Sedikit berbagi pengalaman tes hari ini posisi Content Writer di salah satu Travel Agent. Adapun tahap-tahap tesnya :

1. Memperkenalkan diri dan kenapa memilih Content Writer
Saat tes saya menjawab : saya memang tidak memiliki tiga artikel yang sudah dipublikasikan di koran, tapi sebagai bahan pertimbangan, saya seseorang yang berlatar belakang organisasi kepenulisan, yaitu Forum Lingkar Pena Sumatera Barat. (Hanya ada 6 orang peserta. Awalnya saya berencana tidak akan menyebutkan apa-apa, tapi karena semua peserta memiliki pengalaman yang luar biasa, ada yang pernah jadi jurnalistik, dari jurusan Hubungan Internasional, ada yang mantan karyawan Padang Ekspres, ada yang sudah menerbitkan buku, dan berbagai pengalaman luar biasanya lainnya. Jadi saya putuskan untuk menyebutkan itu saja)

      2. Membuat 2 tulisan menggunakan teknik Copywriting
Tulisan tersebut berisi tentang Pariwisata dan Umroh. Dalam hal ini satu tulisan kami hanya dikasih waktu 16 menit. (Jika mau melihat tentang dua tulisan saya saat tes yang menggunakan teknik copywriting bisa cek disini. Tapi ingat! jangan di contoh dan jangan ditertawakan. Sumpah, itu pertama kalinya saya tahu copywriting. Entah benar. Entah sangat salah sekali)

     3. Membuat satu artikel tentang objek wisata di Sumatera Barat
Tak ada yang terpikirkan saat itu. Dalam rentang waktu 16 menit, saya membuat artikel tentang pulau Sao, yang pernah saya kunjungi waktu jalan-jalan di tempat ngajar. (Saya ragu, entah yang saya tulis memang artikel, entah apa-lah itu? Artikel itu berjudul Pulau Sao dengan Segala Keindahannya yang Alami

     4. Mengirimkan tulisan yang kita buat ke email panitia penyeleksi
Dengan menghembuskan nafas dalam-dalam, karena akhirnya selesai juga. Saya mengirim email tersebut dan selesailah tes hari ini.

      5. Pulang....
Dan lupakan soal lulus atau tidak lulusnya (Karena soal lupa melupakan saya jagonya). Setidaknya dapat pengalaman dan bisa sedikit berbagi tentang tes tulis kerja dengan posisi Content Writer.

Happy Reading. Semoga oret-oretannya bermanfaat. Dan kalu ada tambahan dan pertanyaan Bisa diajukan di kolom komentar. Soal pertanyaan, Jika saya tahu, saya akan menjawabnya dengan senang hati. Dan jika tidak tahu. Harap dimaklumi aja.. J

0 comments:

Post a Comment